Selasa, 17 Mei 2011

PUBLIC RELATIONS OFFICER ( PRO) BAB IV

PUBLIC RELATIONS OFFICER ( PRO)
BAB IV
Siapa Pelaksana PR ?
Ada beberapa kemungkinan:
Pimpinan (direktur) merangkap pekerjaan kehumasan. Biasanay pada perusahaan kecil

Menunjuk pejabat/pegawai yang mampu dan ditugaskan menangani masalah kehumasan. Ybs masih merangkap pada pekerjaan yang utama. PR hanya tugas tambahan

Mengangkat seorang anggota staf yang memenuhi syarat untuk secara khusus menangani masalah kehumasan dan memimpin suatu bagian humas ( PR)

Menggunakan orang dari luar perusahaan untuk melaksanakan program kehumasan. Orang dari luar bisa orang baru untuk jadi karyawan atau konsultan yang hanya mengerjakan sebatas pesanan.
Syarat petugas PR
Trampil berkomunikasi: menulis berbicara
Punya banyak ide
Bisa bekerja dengan tertib, tepat waktu dan selalu meneyelesaikan tugas
Punya motivasi dengan pekerjaannnya dan berusaha berkembang
Cekatan , dinamis, tidak tungu perintah
Tidak grogi, kuat mental, tidak egois, tidak mudah merengek, tahan banting
Terbuka hati dan selalu tersenyum
Emosi stabil, tidak mudah terpengaruh
Humoris, kooperatif, bisa mendengarkan




Flexibel, bisa menempatkan diri
Tegas, melindungi dan cepat mengambil keputusan
Percaya diri dan empaty
Daya analisa baik, instink kuat
Penampilan uptodate
punya kharisma.

Dari SK Bonar:
Punya pengetahuan luas dalam keilmuan dan kemasyarakatan
Mengetahui segala sesuatu mengenai lembaga dimana ia berada.
Miliki ketrampilan jurnalistik
Mampu dalam statistik,publisitas ahli sosial ekonomi agar mampu memebri advis manajemen.
PRO juga harus memenuhi syarat seorang pemimpin ( krn tugasnya mengajak dan membimbing) yaitu:
Badan sehat kuat energik
Mengetahui dengan jelas tujuan pekerjaan dan cara pelaksanaannya
Antusias
Ramah, mudah bergaul, bisa menciptakan keakraban (cordial relations)
Bersikap Tegas
Cerdas dan punya keunggulan dalam teknik pekerjaan
Cakap mendidik dan membimbing (mengarahkan)
Percaya diri
Memiliki keteguhan iman.
Menurut Rae Sita Supit
PRO harus memenuhi 5 syarat KIPAM:
Mampu ber KOMUNIKASI (membuat pesan, menyampaikan, dan memilih media yang tepat)
Memiliki IMAGINASI yang positif, yaitu kreatif banyak ide
Semua tindakan dan program programnya bisa menjadi PROMOSI bagi perusahaan.
ATRAKTIF, yaitu bisa menarik perhatian dengan program kegiatan yang menarik
Bisa me MOTIVASI diri atas pekerjaan yang dilakukan, dan memotivasi orang lain untuk mengikuti seperti apa yang dikehendaki.
Menurut F. Rachmadi
Memiliki kemampuan mengamati dan menganalisa persoalan.
Memiliki kemampuan menarik perhatian
Memiliki kemampuan mempengaruhi pendapat
Memiliki kemampuan menjalin hubungan dan suasana saling percaya
Bagian2 dalam Departemen PR sesuai pekerjaan yang dituntut
Bagian penelitian dan perencanaan
Bagian Redaksi
Bagian audiovisual
Bagian penerbitan
Bagian dokumentasi dan perpustakaan
Bagian Pers dan Protokol
Bagian Adm. Dan Keuangan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar